Monday, December 16, 2013

Di Radio aku dengar lagu kesayanganku...


Kalo boleh kilas balik, sejak kapan ya aku suka dengerin radio. Hmm, sejak kelas 3-4 SD kalo ga salah. waktu itu di rumah ada 1 tape recorder gede, sekarang udah rusak L. Waktu itu di desaku belum ada yang namanya VCD, MP3, IPAD, Tablet, pil, kapsul eh ngawur. Yah, jadinya dulu kita masih dengerin lagu-lagu pake kaset gitu. Dari dulu emang udah punya hobi dengerin lagu, mungkin ketularan mbakku yang suka ngoleksi kaset-kaset terbaru. Inget banget dulu mbak punya koleksi lagu westlife, backstreet, eminem, sheila on 7, padi, ari lasso,
Chrisye, reza dan masih banyak lagi. Dulu mah nggak tau itu orang nyanyi apaan “soeng soeng” itu, tapi suka aja dengernya cz hampir tiap hari dengerin kali ya. Dan dari sekian banyaknya koleksi, aku paling suka lagunya westlife sama sheila on 7, sampai sekarang they become my top chart. Tapi sejak tape recorder rusak, dan dibeliin radio aku dah gak pernah dengerin lagu mereka, kecuali kalo di tipi ada siaran lagu-lagu gitu “Top 10, MPV” dll. Nah, dari sini nih petualangku bersama radio dimulai.

Waktu aku mau masuk SMP, radio bener-bener lagi booming banget, kenalkan yang namanya ‘atensi’ ? nah waktu itu lagi libur selepas UN SD, karena di tetangga desaku ada pemancar radio baru dan satu-satunya, maka rame banget yang berkirim atensi ke sana, salah satunya aku. Atensi bisa dikirm lewat sms atau bisa juga pake kertas yang disediain disana. Berhubung belum punya hape waktu itu, aku nitip sama temenku yang sekolahnya deket dari sana, ngambilin buat aku. “dari : snow white, ke pangeran charming”, “dari pahlawan bertopeng untuk shincan”, atau “dari putri mumi untuk gengs” dll kocak-kocak deh nama-nama pengirim atensinya. Terus kalo uda ngirim, besoknya tanya-tanya ke temen-temen, “tau gak sapa sih Mr. Black itu” atau “tau gak snow white itu aku lo”, atau “kalian denger gak salam-salamku kemarin”, ahaha lucu sekali jaman-jaman itu. Pernah ngalamin gak ? ‘Gue’ korban radio jaman itu. Ahaha.  Tapi, waktu udah masuk SMP, aku jadi jarang dengerin radio, pulang sekolah uda sore, kalo uda sore, radio jadi monopoli ibu, soalnya beliau suka dengerin ceramah Pak Ghofur pemilik ponpes Sunan Drajat dari radio Persada FM. Kalo hari minggu juga jatahku adalah setelah pukul 10.00 WIB soalnya jam siaran ceramahnya pagi sama sore. Aku sering dimarahin Ibuku gara-gara, aku ganti frekuensi radionya. Aku pilih yang ada lagu pop-popnya, cz persada isinya lagu dangduut aja, karena aku gontaganti, aku lupa gak ngembaliin ke frekuensi radio Persada, alhasil waktu jadwalnya Ibuku ngedengerin ceramah, ibuku tau kalo itu bukan frekuensi radio Persada, dipanggillah aku buat ngebenerin frekuensinya, dan sepanjang aku nyari frekuensi ibuku ngomel-ngomel, hehe.

Waktu SMA, aku baru punya hape soalnya aku kan merantau ke kota orang makanya aku dibekali hape punya abangku. Aku seneng soalnya hapenya ada radionya.. di kosanku pun ada 1 radio yang ditaruh di meja depan kamarku, kamarku letaknya strategis antara dapur, tempat cuci, tempat setrika, tempat jemuran dan pusat nongkrong anak-anak kosan yang lain. Tiap pagi sebelum sekolah dan tiap sore hingga malam kita  dengerin siaran radio. Paling suka dulu frekuensinya Merdeka FM, jernih dan lagunya bagus-bagus, kadang diputer lagu yang lagi in, lagu jadul, lagu indonesia, lagu barat, komplit deh sesuai jadwal harinya. Jadinya kita update banget sama lagu-lagu atau band-band baru. Kalo dah tengah malam juga kita ‘dengerin’ film di radio. Kalo malam jumat filmnya tentang hantu-hantu gitu, efek suaranya itu ngagetin jadi biasanya aku tinggal tidur. Waktu kelas 3 SMA, radionya uda rusak, tapi aku masih punya hape yang ada radionya jadinya lanjuut. Pernah hapeku yang sejak kapan itu dibeli, tiba-tiba mati total, alhasil beli yang baru. Waktu ditanya mau yang kayak gimana, jawabanku, “yang ada radionya.”

Sampai sekarang aku masih suka dengerin radio, di asrama, di kosan, walaupun sinyal telepon gak bersahabat dengan hapeku, tapi alhamdulillah hapeku bisa mendeteksi sinyal radio. Hampir tiap hari dengerin radio, karena emang dasarnya aku gak suka sepi, jadinya yah nyetel radio biar rame. Dengerin penyiar ngebacain atensi, bacain berita. Radio adalah temen. Jargonnya radio Nagaswara yang aku banget. Aku juga gak suka nyimpen lagu-lagu di hape atau di laptop, aku gak suka nyetel lagu yang itu-itu aja. Kalo di radio kan, sensasi nunggu lagu kesukaan bisa  bikin gregetan (lebai). Selain dengerin lagu, ada beberapa radio juga yang nyiarin ceramah, aku juga sering dengerin murottal dari sana, jadi gak cuma buat hiburan aja tapi juga dapet ilmu dan informasi.

Oke cukup sekian ulasanku yang lebih ke arah curhatan sebenernya mengenai radio. Boleh aja dengerin radio, asal gak sampe lupa dengerin murottal, ceramah, juga jangan sampe lupa sama tilawahnya. Kenceeeng banget kalo nyanyi lagunya Afgan (hehe) tapi waktu tilawah mlempem. Teteup kudu harus One Day One Juz yaa..

Klikvada
In her spare time
December with fun

3 comments:

  1. hahahaha, ngakak guling-guling baca tulisanmu nih, baru tahu kalo ada yang nganggep radio sepenting itu dalam hidup :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha, ketauan dah..
      Begitulah dit.. radjo adalah temen :D

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete