Tuesday, December 17, 2013

KESURUPAN



Gini nih kalo lagi ‘kesurupan’ nulis. Rasa-rasanya semua pengen ditulis, ide kayak kembang api yang menyala, siap meluncur ke angkasa “pyar pyar pyar” (kayak suara piring pecah). Beberapa hari yang lalu sempat ngebaca postingan temen, ceritanya kita habis demisioner kepengurusan nih, aku juga lagi melow-melownya soalnya organisasi itu adalah organisasi terakhir di kampus yang bisa aku ikutin, uda dua tahun di sana, sedih berpisah sama temen-temen yang uda nemenin perjalanan organisasi mulai dari masa cupu-cupunya, syuro cuma melongo
ngeliatin kakak-kakaknya berkicau, ngupil dipojokan dan coret-coret buku orang hingga sekarang jadi orang yang paling iseng waktu syuro, paling jago ngebully orang, astaghfirullah, hhehe kocak pokoknya. Alhasil aku bikin tulisan juga (niru temen itu). Dari situ muncul ide lain buat bikin tulisan-tulisan baru, munculnya tuh bersamaan gitu, tuing tuing tuing sampe bingung mau nyelesaiin yang mana dulu takut idenya keburu ilang, kayak nulis ini aja ya, sedetik sebelumnya aku masih nulis cerita tentang kesukaanku pada radio. Dan sebelnya lagi, semangat nulis ini muncul lagi ketika tugas kuliah aku sedang numpuk-numpuknya, paperlah, presentasi, dan skripsi gue apa kabar ?? ahha. No problemo, at least sebelum aku menyalurkan ‘kesurupan’ku ini, aku harus menyelesaikan tugas-tugasku yang sudah aku planning sendiri, jadi yaah bentuk kompensasi belajarku tidak lagi aku buat untuk nonton film, facebook-an, apalagi masak (yang terakhir gak banget), tapi aku buat nulis sesuatu. Suka gak kenal  waktu soalnya, uda mepet mau kuliah kayak gini nih, masih aja nongkrongin laptop buat nulis ini. Hehe..
Sepertinya sesi akhir tahun ini, aku jadiin buat mengeksplor hobiku. Setelah hobi dengerin radio aku beberkan sekarang hobii nulisku pun I reveal on here.  Ceritanya juga kemarin sempet sweeping isi laptop, waah ancur banget.. ga karu-karuan isinya, mana dokumen mana video mana gambar berantakan letaknya, akhirnya nyortir tuh isi laptop, biar keliatan laptop ceweknya lah yaa. Rapih. Hehe. Oke singkat cerita dari kegiatan ini aku nemuin setumpuk file berisi tulisan-tulisanku dari jaman gaenak sampe jaman ga enak yang lain, ga banyak sih, soalnya file-file yang lain keburu ilang bersaman dengan raibnya laptopku yang dulu *jadi inget L. Dari yang tersisa aku masih bisa mengidentifikasi metamorfosa tulisan-tulisan yang aku bikin. Aku klasifikasiin berdasarkan tingkatan sekolah soalnya dari sana keliatan gejolak-gejolak jati diriku *eeciee bahasaku.
Tulisan waktu SD, ga ada rekaman jejaknya sih. Kayaknya belum seberapa bisa mengeksplor tulisan deh. Di suruh bikin kalimat aja palingan “Budi bermain bola” atau “Ani bermain bola bekel”, belum terlalu berkembang, bacaan-bacaan yang dibaca sih uda lumayan banyak kayak komik momotaro, doraemon, peterpan dll tapi sepertinya belum cukup membentuk karakterku dalam berimajinasi untuk menulis.
Tulisan ketika SMP. Awal-awalnya sih masih ga bisa kalo disuruh bikin separagraph tulisan. Ga ada ide apa-apa, pernah suatu kali disuruh bikin dongeng, saking uda mumetnya uda nanya ke mbah-mbahku tentang cerita jaman dulu yang aneh-aneh tetep aja gak bikin aku bisa ngerjain tugas itu, yaah, jadinya aku cari majalah yang aku punya terus digonta-ganti dikit ceritanya. Kalo gak salah ceritanya tentang telor emas, berhubung gaboleh sama kayak yang udah-udah, aku ganti jadi ayam emas yang menelurkan telor emas, (bener-bener khayalan nih dongeng) tapi ternyata ceritanya masih sama aja. Ahaha. Seiring berjalanannya waktu, karena temen-temenku hobi baca, kita sering ke perpus. Novel yang aku baca adalah novelnya Mira W, Asma Nadia, dan Helvi Tiana Rosa, sebenernya belum cocok sih novel-novel itu buat anak SMP kayak aku dulu, tapi berhubung itu yang ada di perpus en di lemari mbakku ya aku baca deuh. Dari bukunya Mira W, salah satu temenku terinspirasi buat bikin cerpen, jago banget dia. Sebagai seorang yang bikin cerita satu paragrap aja uda cenat-cenut, baca cerpen temenku yang berlembar-lembar nih menjadi angin segar bagiku. Jadilah aku terinspirasi dan semakin semangat membaca dan menulis. Awalnya nulis diary dulu, kata orang-orang menulis diary bisa melatih kemampuan nulis. Sehari dua hari berbekal binder hasil tukar menukar dengan temen-temen, aku mulai menulis keseharianku.. sedikit was-was sih, takut dibaca mbakku, takut diketawain sepupuku. Hehe.. sampailah hari ketujuh, aku baca ulang tuh diary yang uda aku tulis TAPI dengan gerakan seribu bayangan, aku sobek-sobek tuh diary seketika itu juga. Errrrg, geli banget bacanya, pokonya gak banget deh pikirku waktu itu. Dari situ agak lamaaaaa, baru mencoba nulis diary yang lebih baik lagi. Cerpen-cerpennya temenku masih menjadi motivasi terbesarku. Akhirnya separagraph dua paragraph cerita bisalah dibikin. Hingga waktu kelulusan SMP aku cuma menghasilkan 1 tulisan aja, judulnya “Adik baru” terinspirasi dari sebuah sinetron waktu itu (korban tipi :D).
Naik ke tingkat SMA.  Diwarnai dengan semakin beragamnya latar belakang teman dan lingkungan pun puncak dari masa remaja, karakter tulisanku juga mulai agak berkembang. Pertama-tama aku ceritain dulu background SMA-ku. Aku bersekolah di salah satu SMA favorit dan bergengsi di Gresik sebut saja SMAN 1 Gresik J, sekolah yang mengharuskan aku menjadi anak kostan, yang semakin menambah daftar kenangan masa putih abu-abuku. Awal-awal SMA sih tulisanku masih seputar pertemanan persahabatan dan sejenisnya, tapi masuk ke kelas dua, mulai deh muncul yang lebih teenlit lagi, hehe. Namanya juga remaja, uda kenal dong sama yang namanya CINTA (sumpah geli banget aku nulisnya), suka sama temen, kakak kelas, tukang es, tukang bakso, kucing tetangga (etdaaah, ini suka apa maniak), yah tak kupungkiri, aku juga cewek yang suka cowok (ahaha, I wanna crawl on a hole). Jadilah kasih tak sampai, kasmaran, dan tingkah polah orang jatuh cinta pun kutuangkan dalam tulisan (Oh my God). Bisa dalam puisi, bisa dalam cerpen superpendek, dll berhubung waktu itu belum punya laptop, yah nulisnya cukup di buku keramat yang sekarang uda ilang kemana bae coba (#nyesel ngilanginnya L). Tapi untungnya pernah aku ketik di hapeku. Waktu kelas 3, hapeku uda cukup canggih, ada aplikasi buat nulis notes gitu, Quick Office juga ada, jadi sangat ngebantu banget, lagi nungguin temen bisa iseng bikin-bikin kata gak jelas, sambil tiduran bisa bikin puisi, nulis diary dll. Tapi sampai aku kelas 3 awal, aku masih ga berani ngebacain hasil tulisanku ke orang lain, kecuali ke seseorang atau dua orang aja. Baru ketika kelas 3 SMA, berani ngebacain hasil karya ke sepupuku, ke abangku, dkk yang lain tapi dipilih yang menurutku paliiiiiiiiiiiiiiing bagus (gatau deh menurut mereka, ahaha nope). Well, masa putih abu-abuku pun berakhir dengan indah, banyak kisah yang menginspirasi yang bisa aku tulis :D
Kalo gaya penulisan ketika uda jadi anak kuliahan gimana ? kalo awal-awal kuliah mah, sifat SMA masih kebawa-bawa, berhubung waktu SMA bener-bener maniak komik juga, sampe-sampe bikin tokoh kartun gitu. Tokoh-tokoh di cerpen dinamai tokoh di komik, Ryu, megumi, takishima, hikari dll.  Masuk semester dua, aku uda sering ikut kajian atau ta’lim-ta’lim gitu jadinya cerita-cerita ke depannya dibikin lebih religius. Oiya, aku punya sebuah kisah sedih tentang sebuah tulisan. Aku pikir kalo aku bsa menyelesaikan tulisan itu, aku bisa bikin dia materpieceku, hehe.. Jadi menginjak tingkat dua awal, aku sedang membuat cerita gitu masih tentang cinta-cintaan (huweek) tapi ini lebih religius, bukan berarti menghalalkan pacaran ya, bukan, jauh dari yang namanya pacaran. Singkat cerita aku dah bikin tu cerpen hampir sebulan, nyampeklah aku pada klimaks dari cerpen itu, tapi aku belum dapet ide gimana klimaks yang pas. Jadinya tuh cerpen nganggur sampe berbulan-bulan. Uda nyari referensi kemana-mana termasuk nanya murobbiahku buat menyempurnakan cerpen tersebut, tapi tetepbuntu.. eehladalaah.. belum selesai bikin klimaksnya, laptopku keburu ilang, dan aku hanya punya back-up-an di hape, tapi sayang seribu sayang hapenya juga ikut hilang. Oh God. Alhasil, semua tulisan yang pernah  aku bikin dari jaman baheula sampai detik itu, hilang tanpa sisa. Pinter. Sejak saat itu aku jadi trauma nulis, hingga sekarang gak ada satu pun cerpen aku bikin. Mau nulis ulang pun kayak beban mental, masterpieceku, aah sedih. Untungnya, ada beberapa tulisanku yang sempet aku posting dan yang aku kirim ke temenku yang masih dia simpen. It’s relief. Karena uda ‘males’ bikin cerpen-cerpenan, kesini-kesini aku lebih suka menceritakan pengalaman atau resume kegiatan. Mungkin karena doyan nulis diary kali ya. Jadi isi blog ini pun kebanyakan tulisan tentang aku. Hehe
Oke guys, sepertinya uda aku ceritain semua gimana gaya-gaya penulisanku selama ini. Dapat disimpulkan, perkembangan jiwa seseorang bisa mempengaruhi karakter-karater dalam diri seseorang termasuk di dalamnya karakter menulis. Selain itu, membaca sangat berkaitan erat dengan kemampuan seseorang dalam menulis, semakin banyak membaca, semakin banyak otak menyimpan kata-kata sehingga mudah dituangkan ketika membuat tulisan. And onething that I can trust in you, seperti kata seseorang, nulis diary tuh bisa mancing kita buat bisa menulis sesuatu, melatih berimajinasi karena tulisan kita biasanya gak jauh-jauh dari seperti apa keseharian kita. Try it at home..
Klikvada
Menyala layaknya Kembang api
Desember penuh cerita

No comments:

Post a Comment