Saturday, December 21, 2013

SERUMG 2012/2013 : Diorama Penuh Cerita*


Masih tentang kapal itu teman, kapal yang setahun  lalu ku beri nama SERUM G, telah meliuk-liuk dengan indahnya menuju samudra. Tak terkira doa-doa terpanjat memasrahkan diri diharibaan Sang Maha Penggenggam Hidup. Meminta perlindungan agar jalan yang ditempuh adalah jalan yang benar, pun jalan yang menyelamatkan. Sudah kubilang bahwa kapal ini bukanlah kapal biasa. Menjadi mencusuar
ketika kapal lain tersesat tak tentu arah pun menjadi penerang di tengah lautan yang gelap merupakan harga yang perlu dibayar atas keberadaannya. Kapal ini berjalan perlahan, beriringan dengan ikan-ikan serta burung-burung yang terbang. Telah banyak pulau-pulau kecil yang kapal ini singgahi, pulau-pulau yang penuh eksotika  alamnya.. aah sungguh mempesona, membuat perjalanan ini terasa indah penuh makna. Tapi... Kau pasti tahu teman kehidupan di laut tak setenang ombak yang terlihat di pantai. Di tengah laut sana, ada banyak perompak yang siap menjarah perbekalan pun penumpang yang ada, tak sekedar itu sewaktu-waktu tanpa tahu tepatnya, ombak hingga badai besar siap menghalau dan menerjang apapun yang dilewatinya. Lantas apa yang harus dilakukan ? Kau hanya perlu bersabar, melepaskan jangkar-bertahan, atau mencari celah ke arah manakah bisa melepas diri dari sapuan badai. Kau pasti tahu teman,  petuah “Pelaut ulung tidak dilahirkan dari laut yang tenang”. Ya, pelaut ulung tidak hanya lihai menyebrangi samudra dengan segala keindahan panoramanya saja, namun lebih dari itu... Pelaut ulung  adalah mereka yang mampu bertahan dan menaklukkan badai yang menerjang. Lantas apakah kapal ini dengan doa-doa yang  terpanjat telah selamat dan menyelamatkkan ? Ternyata, kapal ini telah menanggung banyak pembelajaran, teman. Dia mampu memberikan pembelajaran bagi nakhkoda, awak, dan penumpangnya. Kapal ini, dengan segala kemampuannya telah mencoba menjadi penerang bagi yang lain ketika gelap telah datang. Kapal ini, dengan segala potensi yang ada selalu mencoba menjadi penunjuk arah bagi kapal lain yang membutuhkan. Dan Kapal ini, dengan segala tumpangannya telah mampu melewati samudra penuh rintangan.
Teman, Badai semalam telah lama berhenti, matahari telah di ufuk barat, menghangatkan bumi dan lautan. Dari sini, sudah nampak di depan mata dermaga pemberhentian untuk kapal ini  bersandar sejenak. Membongkar muat segala isi yang ada, sebelum kapal siap melaju ke samudra selanjutnya. Sekarang, sudah waktunya mengucap salam perpisahan kepada lautan,  kepada kapal, dan kepada tumpangannya. Akan ada yang terus melaju dan akan ada yang akan berhenti. Kepada penumpang yang terus melaju, tataplah ke depan, bentangkan layar selebar-lebarnya. Jika kau merasa lelah menatap ke depan maka menolehlah, ada banyak yang berada disampingmu, membersamaimu. Bagi yang tak ikut melaju, mungkin kau tak di lautan lagi, tapi kau masih di bumi. Maka pijaklah tanah dan junjunglah langit dimana pun kau berada.
 
     Perasaan baru kemarin ngepost tulisan ucapan selamat datang buat temen-temen anggota SERUMG 2012/2013 yang baru aja bergabung dalam Kabinet Pelangi Inspirasi, tapi sekarang dah ngepost aja nih tulisan perpisahan buat mereka..
     Well, do you know what day is it today, guys ? of course, today is Saturday, but If I change the question, do you remember what day was it today last year ? Please don’t look at on your calender and say today was Friday, that’s not exactly I wanna hear from you..  can you guess it another one ? zzztt -___-..   Okey, I’ll remind on you.. It was at pomi, the first we met, we’re stranger each other before, but ..... we became a family at that moment. Twenty first of December on 2012, we celebrated our “Be New Family of SERUM G” Party. Do you remember about it now, don’t you ? Good :D
sudah 365 hari berlalu ternyata, ada kejadian apa sajakah sepanjang taun ini ??  Frankly, I have nothing to write here before, it isn’t mean that I don’t have any story that I can write but I just confused, where is the starting point that I have to take ? aaah, just let it flow :D

     Okey, let’s begin with this one, in the mid of February 16th 2013.. what did we do ? Ngapain hayo ? Yoi mameen. Upgrading. Di Ciampea, Darul Falah, kita maen-maen kayak bocah. Maen tali, maen perang-perangan, maen di lumpur, maen di sungai. We’re no longer children again guys, but we still did what children do. Thanks to HRD, Ranger Biru (Iman, uwi, hasanah, ahas, badar, eka, sinur, nurul) and my BroSist ex SERUMG 2011/2012 who created a wonderfull upgrading for us.
     Two days later, 18th February 2013, kita ada agenda penting apa coba ? Who knows ? Oleh bang Edo ketua BEM G, Bapak Taufiq ketua SERUM  G kita beserta jajarannya Mba Uci, Mba tiara, dan mba Okta dilantik dengan penuh khitmad disusul dengan pelantikan dan pemberian surat kerja anggota SERUM G periode 2012/2013. Merinding waktu kita ucapkan bersama IKRAR SERUMG. IKRAR yang pertanggungjawabannya tidak hanya ke DPM tapi langsung kepada Allah.
     Let me tell you about the other, do you still remember guys what dates of the BISKUIT have be held ? hmm, I’m not really remember maybe Ranger hijau (Asnan, Anita, Rani,  Yustik, Dhiyah, Fikri, and Yusra) can help me. But  I still remember the first biskuit was spectaculer.  Many participant attended this event, I guess, it was the most from the others. In fact, ‘kukil’ or ‘kue kiloan’ is onething that almost be exist in every BISKUIT. Hehe. I think, I never missed to attend it :D Oh yaa, there was one episode of BISKUIT that became my favorite, when Mr. Agus from Surabaya gave a lecture about Ayat-Ayat Semesta,  there was so many participant who brought and bought his book then to be signed by him, they was so enthusiastic, me too. Just enough for  CRM-Cetar Membahana Ruarrr biasa..
     Let’s continue to Ranger Nila. ISC-G. Denger-denger, departemen yang satu ini sang kadiv menyerah tanpa syarat kepada sang sekdiv yang dengan terang-terangan mengkudeta posisinya (mendramatisir). Gak gitu  juga ding, hanya saling membantu, bentuk kerjasama dengan cara yang lain. Overall, mentoring dan tahsin, aku setuju kalo departemen ini harus dipertahanin. Karena dua hal ini adalah pembeda yang namanya DPM, BEM, himpro dengan LDF. Memang harus ada satu departemen yang concern dengan dua hal ini karena nggak mudah untuk ‘merekrut’ orang buat ikutan mentoring atau tahsin. Follow up follow up dan follow up. Semacam fungsi matematika, kalo kerjaan anak-anak ISC-G ini masuk ke fungsi yang kontinu, follow up-nya ga boleh putus harus terus nyambung, jadi kalo gak sambung, sambungin. Setuju gak Haris, Ulfah, dani, baim, mute, tina, juju, en ex-ISCG Zaen ?
     Kepengurusan SERUM G tahun ini kembali memberikan seluas-luasnya fasilitas bagi teman-teman FMIPA untuk menimba ilmu agama di kampus IPB tercinta ini. Setelah agenda-agenda seperti BISKUIT dari departemen CRM, tahsin dari departemen ISC G SERUM G, giliran Departemen Muslimah Center SERUM G memfasilitasi teman-teman mahasiswa putri untuk memperdalam wawasannya dalam ilmu agama. KIMCI-Kegiatan Muslimah Ceria dan Aktif- begitulah majelis ilmu ini diberi nama. Ketika teman-teman mahasiswa putra sedang menunaikan ibadah sholat jumat, teman-teman mahasiswa putri tidak mau kalah untuk mencari pahala sekaligus menimba ilmu dengan ikut berpartisipasi di kegiatan ini. Selain KIMCI, ada juga CMT dimana kita diajak buat belajar merajut.. Trus SMS, kita diajarin naik motor eh bawa motor eh mengendarai motor maksudnya. Kreatif kan mba Arini, Peni, Zurika, yuli, putri, nuy, nurul, rizka yang cantik-cantik ini  di Muslimah Center. Kami panggil mereka, Ranger Ungu.
     Lanjut ke si Jingga.. Kalo si Jingga nih mainananya gak di kampus temaaan, Si Jingga alias SE ini suka jalan-jalan.. pernah kita baksos ke sebuah pesantren di daerah Ciampea. Seru banget baksos waktu itu, kita berbagi bersama anak-anak yang ada di sana, nge-games bareng, makan tumpeng bareng. Sebenernya aku gak terlalu berkontribusi sih di acara SE, maap :( But At least, aku pernah sekali ikut Sosio-teaching, sekali bebersih mushola, sekali ikut Baksos, dan sekali ikut bakar-bakar sate (yang terakhir ini sebenernya pengen berkali-kali kalo ada :D). Serba sekali ya, tapi sekali yang akan mengendap selamanyaaa.. hehe Thx 4 rangers Dwika, Eni, lita, intan, tari, vivi, roni, aldi, dan widadi yang uda pernah ngajak aku ke Kebun Raya Bogor dalam rangka tadabbur alam bersama anak-anak Pro-KA. Yang lain jangan iri ya, hehe.
     Nah, yang satu ini bener-bener bikin aku speechless. What should I write about Ranger kuning ? uda pada tau kan ya, design-design pamflet jaket yang suka nongkrong di grup atau blog, keren pisan euy, bikin speechless. Mungkin kerja Ranger Kuning atau mas yayat, edo atau mba dita, dewi, ukhti, septika dan ira di public relation nih gak terlalu kerasa di dunia nyata, tapi membahana di dunia maya.. But, I still have another memory of PR, di semester pertama kepengurusan, kita dapat tamu dari LDF MIPA Puskomnas kala itu UI, trus LDF MIPA ITB, UIN Syarif Hidayatullah, Unpad, dan satu lagi-lupa dari mana-dalam bingkai Musyawarah Kerja Wilayah III. Bertemu dengan saudara-saudari dari jauh. Jadi menggoda datangnya pertanyaan waktu itu, “kapan nih giliran kita bertamu?” tapi sampai demisioner kita gak ada jaulah :(.
     Maybe that is the most memorable thing that I can write from my neighborrangerhood (#apasih), Ranger Jingga, Ranger Kuning, Ranger Hijau, Ranger Biru, Ranger Nila, and Ranger Ungu. I realize that I have no strong enough memory to keep our moment, maybe this note and pictures can remind us about the past. I think all of you have your own story about yours, So write by yourself before you are getting to old and forget about it :D Take a minute.... hmm, One colour is needed to complete the rainbow. Without Ranger Merah, the rainbow didn’t presence anymore, right ? Oke, yang ditunggu-tunggu. The last: about my SAS, my sister, my brother, my ranger and our proker..
“Assalam, Tes tes tes, guys, are you still alive ? hehe. What will we have to do tomorrow ? 1.  Dtg pukul 16.30 di RK Fac D or nysul 2. Dtg bawa niat, senyum, dan semangat 3. *some text are missing* 12. Selamat menikmati, Oke, semua uda dimensyen. Let’s see tomorrow:D”
“........................................................................................”
 “Assalam, sadnews, the last gathering rangers SAS (maybe) :’(. Let’s make a great dinner guys, so what should we hv 2 prepare? Hmm, is there anyone can handle the rice? Okeh dicka :D Something sweet maybe can be handled by yulia :D the beverage, syahrul can be relied on :D the fish (not actually) will be prepared by me. The biologist (rena, kiki, salman) en niar are tim creative, make games or something ya :D Kikio, may u repair our video? Oki and the guest stars Mr. Taufiq en Mrs.  Uci please come for free. Have a nice day guys. Let’s meet.. CU.. RSVP (confirm)”
...  baru sadar selama ini kalo aku sms sepanjang ini yaa, buat anak SAS kayaknya uda gak kaget ya, masih pagi, baru melek tiba-tiba ada upcoming message sepanjang ini dari aku. Dapet tugas ini itu pula.. I think you will miss it, guys ahaha. Maaf ya, aku bukan tipe sekdiv yang suka sms kalian dengan kata-kata manis nan puitis. Kebanyakan malah anarkis. Atau pun sekdiv yang dengan kekuatan “kagebunshin”-nya naruto yang bisa menggandakan dirinya sehingga mempersiapkan apapun sendiri, atau sekdiv dengan segala kelapangan atas segala problematika remaja saat ini (#apasih). I just an ordinary and mundane girl who wanna try to do well and the best for myself and others. Suka aja kalo ‘nyuruh-nyuruh’ kalian. Taawun-lah yaa, bagi-bagi kerja (ngeles mode : on). Kalo ‘nyuruh’ kalian tuh seperti kebanggaan tersendiri, ngebayangin muka kalian bingung dapet tugas tiba-tiba :D, ntar jadinya sms-sms aku nanya ini itu (ngarep bgt disms :D). And you make my organization life so brightest. Kalian sangat kooperatif. Bisa diandalkan. Always be my side when I need. Syahrul dengan sikap ngalahnya, dari Syarul juga jadi bisa belajar untuk selalu bersyukur bahwa nikmat sehat itu luar biasa, jadi jaga kesehatan ya Pak Bos, dan kekayaan akan referensi buku bacaan yang mengagumkan. Salman, yang suka ngegantiin syahrul mimpin rapat, sikap slow parahnya yang full of responsibilities. Uda gede nih, sekarang uda jadi Bapak Biologi. Rena, easy going, rame, bawel,  jail, jutek ?  kayaknya gak pernah ngerasa pernah dijutekin sama rena deh, dan yang paling tau kalo kakaknya ini sedang butuh bantuan terutama bantuan nyeret Salman buat ikut syuro, hehe. Niar, yang paling kreatif bikin suasana syuro jadi berwarna, gak kelabu apalagi hitam putih, kepolosannya bikin orang pengen nge-bully dia. Kalo Yulia, adik yang satu ini kalo uda cerita suka serius banget jadi harus bener-bener didengerin sampe tuntas :), hampir selalu hadir di setiap kesempatan sesibuk apapun itu walau cuma nongol muka aja, itu adalah bentuk menghargai orang lain. Salut. How about dicka ? ukhti ini baiiiik banget, “dicka bisa gak... “ atau “dicka tlg ...” dan dicka selalu mengusahakan yang terbaik dan dicka gak pernah absent di acara SERUM G kayaknya kecuali kalo Liqo atau kuliah.. Pertahankan ya dicka. Kadang sedikit nyablak juga sih anaknya biasa anak Malang, 11-12 sama anak Lamongan (becanda :D). Who else ? hmm, Ada dua kiki nih si SAS, yang saling bertolak belakang kepribadiannya (gak segitunya kali :)) kiki yang satu pinky girl, kalem, penuh dengan ide cemerlang. Kalo kiki yang satunya, biasa dipanggil kikio, cool, cuek, tapi juga kreatif-PDD nya SAS pokonya. Dua-duanya adalah kaka beradik yang ngeselin kalo uda nge-bully ‘gue’. Dan yang terakhir Okky, mungkin gak banyak yang bisa terekam dari jejak okky, tapi dari okky aku tau kalo aku belum bisa jadi sekdiv yang bisa mengayomi anggotanya seutuhnya apalagi bener-bener bisa ngasih adik-adiknya fasilitas untuk mengupgrade kapasitas diri. It’s really sorry.
     About our proker, KCB, PHBI, FIM, sepertinya ranger SAS harus banyak berterima kasih kepada temen-temen di departemen lain deuh. Talkshow-halal Bi halal-Isra’ Mi’raj-Bazar-IBF-Lomba-Seminar-Konser Amal alhamdulillah telah kita dilalui, mulai dari kisah penuh pembelajaran, kisah suka dan duka. Itulah warna-warni kepanitiaan yang berjalan seiring dengan proses kedewasaan dan kematangan sikap dari seluruh panitianya. Khusus buat akang Ahmad Hasan a.k.a  Ahas dari HRD, teh Rani dari CRM dan neng Intan dari SE bersama mba Dicka dari SAS beserta jajarannya (kadiv-sekdiv FIM) yang sudah berbaik hati untuk menjadi ‘pelayan’ bagi temen-temen FIM, Gimana perasaannya ?  dan Thanks berat atas penobatanku menjadi panitia FIMNAS 2013 yang ‘TERALAY’ (oh my.. memalukan dunia persilatan), Should I proud of it ? mungkin sesuai dengan motto hidupku ‘be the best and the brightest’ jadi alay mungkin bagian dari sisi ‘the brightest’ku (#soktegar). hehe. It’s okey, just for fun :D
Emang dasarnya yang bikin tulisan anak SAS jadi yang dibagian tentang SAS-nya dipanjaaaaaaaaaangin bgt, hhehe. Sekarang, tiap kali liat atau denger kata merah, mindsetnya langsung ke SAS-Si Jago Merah-SAS Merah Membara.. Merah menjadi warna kesukaan.. Luar biasa ya. Dan lirik ini...
.....
Kami jauh di mipet, dan kami di mipa
Rabithah kami selalu terjaga untuk kita semua
Si Jago merah yang selalu membara
Si jago merah , SAS jago merah
.....
... bakal terngiang-ngiang diingatan. Cmiiw.
For my SAS.. maaf atas segala kekurangan-khilaf-kealpaan selama perjalanan setahun ini, maaf juga karena farewell party kita cuma sederhana, vada gak bisa ngajak kalian ke restoran terkenal dan mahal buat kita makan-makan apalagi masakin kalian bermacam-macam masakan. Jadilah great dinner yang ala kadarnya. Ditunggu undangan makan-makan dari kalian yaa :D
     Kepada tim formatur, tim rapim, forum sekretaris, dan tim OR, kalian luar biasa. Teringat rapat-rapat panjang di sekret, di pomi guna membahas permasalahan yang ada. Kalo nulis beginian jadi inget ketika aku harus lari-lari buat bikin proposal dan LPJ. Ketika ada seseorang yang gak tidur mikirin sponsor yang tak kunjung datang, keuangan yang tak kunjung membaik, ketika ada seseorang merelakan waktu belajarnya, waktu istirahatnya mikirin gimana bikin adik-adiknya, teman-temannya bisa saling memiliki satu sama lain. Dan teringat kepada banyak orang  yang sebegitu dermawannya merelakan uang jajannya, uang tabungannya untuk kepentingan dakwah. Allahku, lapangkanlah urusan mereka, tambahkanlah rizki mereka, dan tinggikanlah derajat mereka di sisi-Mu. Amin


Sekelebat peristiwa demi peristiwa ini bergantian seperti proyeksi muncul di depan mata, rekaman masa lalu terkuak, dari yang pahit sampai yang paling pahit (ga ada yang manis?). Pokoknya seneng banget deuh rasanya kayak naik ikan paus akrobatis, menembus atmosfir berlapis lapis, menuju rasi bintang paling manis  (malah iklan), pokoknya gak ada kata-kata yang bisa menggambarkan perasaanku, It’s really something deuh setaun bersama kalian rangers.

Big apreciated  buat temen-temen yang udah memegang teguh komitmen mulai 1 detik setelah pelantikan hingga menit terakhir kepengurusan.. Suatu pencapaian yang tidak semua orang bisa melaluinya.
Terima kasih dan mohon maaf terucap untuk kalian, orang-orang yang bergerak dalam SERUMG, orang-orang yang mendukung kegiatan-kegiatan SERUMG, orang-orang yang datang dalam acara-acara SERUMG, dan kalian yang mendoakan keberkahan bagi dakwah Islam yang dibawakan SERUMG.

Apa yang sudah terjadi setahun ini semoga menjadi titik introspeksi bagi kepengurusan tahun ini dan menjadi tolak ukur dalam menjalankan roda kepengurusan SERUM G kedepannya. **


*disadur dari Film Serial Pelangi Inspirasi yang berdurasi 1 tahun
**perhatian : Mohon maaf jika ada kesamaan nama tokoh, tempat kejadian, atau pun jalan cerita, karena yang ada dalam tulisan ini bukanlah kebetulan atau fiktif belaka namun adalah benar adanya.


KLIKVADA
SAS MERAH MEMBARA
End of year, 2013


5 comments:

  1. Vadaaaaaaa, tetiba nia terlempar ke blogmu dan terlempar lagi ke masa masa lalu. Kangen :(

    ReplyDelete
  2. Mbak Niaku, malu aaaah ini lebay banget hahahaha nemu aja sih mba

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete